IMPAK DESAIN MAINAN UNTUK ANAK PADA KESETARAAN GENDER

  • Lidwina Hana

Abstract

Disadari atau tidak, dalam mengasuh, orang tua mengotak-otakkan jenis permainan sesuai gender. Boneka untuk anak perempuan, mobil-mobilan untuk anak laki-laki. Mainan anak dibedakan antara mainan untuk anak lelaki dan anak perempuan.

Desain warna juga digunakan sebagai identitas dari suatu produk. Warna cerah untuk perempuan dan warna gelap untuk laki-laki. Termasuk dua warna yang kerap digunakan untuk melambangkan perempuan dan laki-laki yakni merah muda dan biru. Warna digunakan dalam segmentasi pasar berdasarkan jenis kelamin.  Perbedaan mainan anak laki-laki dan perempuan tidak hanya berhenti hingga pembedaan warna, namun juga jenis dan bentuknya.

Stereotipe ini tidak luput dari peran perusahaan mainan yang memasarkan mainan berdasar stigma bahwa mainan tertentu, hanya cocok untuk jenis kelamin tertentu. Padahal, sesungguhnya mainan bersifat netral bahkan tidak perlu dikaitkan dengan gender.

Published
2018-08-14
How to Cite
Hana, L. (2018, August 14). IMPAK DESAIN MAINAN UNTUK ANAK PADA KESETARAAN GENDER. An1mage Jurnal Studi Desain, 1(2), 32-36. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsd/article/view/115