CULTURAL DESIGN: USULAN BLOCK PENYATU UNTUK MAINAN JENIS TOY BLOCKS

  • Michael Sega Gumelar

Abstract

Memainkan mainan jenis Toy Blocks atau sering juga disebut dengan nama lain seperti building bricks, bulding blocks, atau hanya disebut blocks. Mainan jenis block dengan ragam merek dan ukuran ini sangat diminati oleh anak-anak laki dan perempuan yang masih dalam masa pertumbuhan sekitar usia 2-12 tahun. 

Permainan ini dapat membangkitkan kreatifitas dalam membentuk sesuatu dengan menggabung-gabungkan satu block dengan lainnya dalam ragam warna dan ukuran. Namun tentu saja menyusun mainan blocks ini terkendala sistem dari permainan ini, yaitu hanya mampu membuat mainan dengan satu sisi kiri dan kanan saja, dan tidak dapat menyatukan kedua sisinya.

Penelitian ini memberikan alternatif pendekatan baru, yaitu mengusulkan adanya desain baru dan ditambahkan dalam permainan blocks yang sudah ada, yaitu membuat blocks dalam ukuran dan ragam warna sesuai keperluan agar dapat menyatukan semua blocks kanan dan kiri, atau atas dan bawah. Sehingga permainan blocks lebih menarik dan memberikan pilihan baru dalam penyusunannya.    

 

 

 

Published
2018-08-14
How to Cite
Gumelar, M. (2018, August 14). CULTURAL DESIGN: USULAN BLOCK PENYATU UNTUK MAINAN JENIS TOY BLOCKS. An1mage Jurnal Studi Desain, 1(2), 37-39. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsd/article/view/116