USULAN PERATURAN DAERAH KEPADA PEMERINTAH DALAM MEMBATASI JUAL BELI TANAH DENGAN ORANG ASING DI PULAU SUMBA BARAT DAYA

  • Victoria Michelle Krisnindyah Settu

Abstract

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan negara seribu pulau. Salah satu pulau yang ada di Indonesia adalah Pulau Sumba. Pulau Sumba adalah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Sumba memiliki empat kabupaten yaitu Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

Sumba Barat Daya adalah salah satu kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata yang indah. Namun kelemahannya adalah Pemerintah Sumba Barat Daya membiarkan masyarakat menjual tanah mereka yang berada di dekat tempat wisata kepada orang asing. Hal ini disebabkan karena tidak adanya aturan daerah yang membatasi masyarakat dalam pembatasan jual beli tanah kepada orang asing dari luar negeri.

Selain itu bangsa asing bukan saja hanya membeli tanah di Sumba Barat Daya tetapi mereka juga membangun suatu usaha ataupun bangunan permanen atas nama dan milik mereka. Orang asing juga membuat usaha dan mempekerjakan Orang Sumba Barat Daya dan mereka menjadi atasan atau bos karena merekalah yang memiliki tempat usaha tersebut.

Terlebih lagi daerah daerah wisata sudah mulai banyak dikuasai oleh orang asing. Inilah yang harus jadi perhatian pemerintah untuk lebih bijaksana dalam mengatasi hal seperti ini yang sedang terjadi di Indonesia.

Penulisan laporan penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka dan bertujuan untuk memberi usulan kepada pemerintah daerah di Sumba Barat Daya agar segera membentuk aturan mengenai pembatasan jual beli tanah terhadap orang asing yang berasal dari negara lain.
Kiranya dengan demikian keindahan wisata akan tetap menjadi milik Orang Sumba Barat Daya.

 

Published
2018-08-14
How to Cite
Settu, V. (2018, August 14). USULAN PERATURAN DAERAH KEPADA PEMERINTAH DALAM MEMBATASI JUAL BELI TANAH DENGAN ORANG ASING DI PULAU SUMBA BARAT DAYA. An1mage Jurnal Studi Desain, 1(2), 40-46. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsd/article/view/117