KAJIAN KRITIS: PENCARIAN SIA-SIA GAYA GAMBAR KOMIK DI INDONESIA

  • Michael Sega Gumelar an1mage

Abstract

Melanjutkan penelitian yang penulis lakukan sebelumnya tentang mitos “Diskursus mitos gaya gambar U.S.A., gaya gambar Eropa, gaya gambar Jepang, dan gaya gambar Indonesia. Kali Pada penelitian ini penulis berfokus dalam secara spesifik mengkaji gaya gambar komik di Indonesia. Prosedur penelitian yang dijalankan adalah dengan melakukan studi kualitatif, studi banding, studi kajian kritis, studi pustaka, dan studi pendekatan studi desain ala cultural studies.

Acuan foto wajah beberapa variasi ras manusia di Bumi untuk dicari hitungan secara umumnya. Kemudian peneliti akan membawa acuan tersebut ke ras sebagian besar wajah di Indonesia. Hasil dari studi tersebut kemudian dicarikan referensi dari hasil karya beberapa artis di Indonesia dan implementasi hasil hitungan tersebut sebagai analisis untuk gaya gambar realis, kartun, hibrida, dan fine art untuk karya komik di Indonesia, gaya gambar komik dan gaya gambar secara umum di Indonesia.

 

 

Published
2019-02-25
How to Cite
Gumelar, M. (2019, February 25). KAJIAN KRITIS: PENCARIAN SIA-SIA GAYA GAMBAR KOMIK DI INDONESIA. An1mage Jurnal Studi Desain, 2(1), 1-8. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsd/article/view/127