PEMANFAATAN FURNITUR MINIMALIS MULTIFUNGSI SEBAGAI SOLUSI KETERBATASAN RUANG

  • Anjar Widyarosadi

Abstract

Keterbatasan lahan perumahan dan harga tanah yang semakin meningkat diperkotaan mengakibatkan munculnya pembangunan perumahan dengan tipe-tipe perumahan dengan ukuran relatif kecil. Namun, di tengah kebutuhan tersebut, masyarakat dengan segala keterbatasannya akan membeli perumahan dengan bermacam-macam pertimbangan seperti harga, luas tanah, desain rumah, maupun interiornya. Tipe perumahan dengan ukuran kecil akan menjadi keunikan tersendiri bagi penghuni dalam menata setiap perabot rumah tangga yang akan dimasukkan ke dalam setiap ruangan, terutama untuk perabot yang memiliki fungsi mendukung aktivitas kerja penghuninya.

Berdasarkan fakta tersebut, sangat diperlukan satu konsep perabot dalam hal ini mebel sekaligus multifungsi yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya secara maksimal dengan ruangan yang terbatas. Konsep desain furnitur yang ekonomis dan ergonomis memungkinkan pengguna dapat memenuhi berbagai kebutuhan yaitu, hanya dengan menempatkan suatu furnitur multifungsi namun dapat digunakan untuk berbagai kemungkinan kerja dan fungsi sesuai kebutuhan pemiliknya. Dengan demikian, furnitur yang sedang tidak digunakan dapat disimpan dengan mudah. Ruangan yang tersedia pun dapat terlihat luas dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain.

Published
2020-02-15
How to Cite
Widyarosadi, A. (2020, February 15). PEMANFAATAN FURNITUR MINIMALIS MULTIFUNGSI SEBAGAI SOLUSI KETERBATASAN RUANG. An1mage Jurnal Studi Desain, 3(1), 1-6. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsd/article/view/149