KAJIAN IKONOGRAFI DAN IKONOLOGI POSTER PROPAGANDA UNCLE SAM “I WANT YOU”

  • Alit Ayu Dewantari

Abstract

Revolusi industri telah mengantarkan masyarakat dunia kepada satu konflik yakni pecahnya Perang Dunia Pertama. Pada masa itu, seni rupa dan desain juga ikut berperan dalam menyebarluaskan propaganda serta doktrin kepada masyarakat khususnya kaum muda melalui poster.

Pada masa Perang Dunia I, poster propaganda Uncle Sam “I Want You” karya James Montgomery Flag, menjadi salah satu sorotan di dunia desain. Bahkan poster tersebut dapat dikatakan masih populer dan menjadi inspirasi beberapa karya desain hingga saat ini.

Kajian ikonografi dan ikonologi dilakukan untuk mengetahui berbagai penanda-penanda yang bersifat faktual dan ekspresional dalam poster Uncle Sam “I Want You”, guna mengetahui tema dan konsep yang membangun adanya poster tersebut, serta mengetahui nilai-nilai simbolik yang disampaikan oleh poster tersebut.

Published
2020-02-15
How to Cite
Dewantari, A. (2020, February 15). KAJIAN IKONOGRAFI DAN IKONOLOGI POSTER PROPAGANDA UNCLE SAM “I WANT YOU”. An1mage Jurnal Studi Desain, 3(1), 37-49. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsd/article/view/153