MEMBONGKAR IMPAK DESAIN RUMAH TIPE KECIL DI CLUSTER

  • magicka magicka
  • Lidwina Hana
Keywords: Desain Rumah Tipe Kecil Cluster Comfortabilty Security

Abstract

Kebutuhan terhadap rumah atau papan masuk dalam kategori kebutuhan primer manusia. Artinya setiap orang membutuhkan hunian. Berbeda dengan kebutuhan sandang dan pangan, kebutuhan hunian memerlukan dana yang tidak sedikit.

Menyiasati lokasi, harga lahan dan material bangunan, serta biaya pembangunan, developer di perkotaan banyak membangun unit-unit hunian tipe kecil seperti tipe 21, tipe 27 dan tipe 36 dengan harapan masyarakat dapat menjangkaunya baik dari segi lokasi juga harga. Selain tipe yang kecil, rumah juga dibangun berdempetan, sehingga antar rumah memiliki dinding yang menempel.

Selain itu developer marak membangun berdasar konsep cluster yakni rumah tanpa pagar karena developer menilai keamanan sudah diwakili pembangunan pagar tinggi mengelilingi komplek, juga sistem satu gerbang dengan penjagaan satuan pengamanan (satpam).

Namun, pembangunan dengan desain tembok rumah yang saling menempel apakah membuat hubungan antar penghuninya semakin dekat atau malah menjauh? Tulisan ini membahas permasalahan yang timbul akibat pembangunan desain rumah kecil dalam cluster dan memberi solusinya

Published
2018-02-07
How to Cite
magicka, magicka, & Hana, L. (2018, February 7). MEMBONGKAR IMPAK DESAIN RUMAH TIPE KECIL DI CLUSTER. An1mage Jurnal Studi Desain, 1(1), 6-9. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsd/article/view/98