Modernisasi Esot-esot

  • Fitriati Amalia

Abstract

Esot-esot merupakan salah satu jenis kesenian yang berasal dari Masbagik Lombok Timur. Kesenian ini pada awalnya menggunakan alat-alat musik tradisional, dan digunakan untuk menghibur orang yang sedang bergotong-royong. Namun seiring perkembangan zaman alat-alat musik yang digunakan dan fungsinya juga semakin berkembang.

Dalam perkembanganya esot-esot lebih dikenal dengan nama kecimol, yang lebih mirip dengan orkes jalanan. Kecimol sekarang ini sangat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Modernisasi kesenian esot-esot ini kemudian dikaji dengan pendekatan simulakra. Sehinga bisa ditemukan dengan gamblang bagaimana simulakra itu terjadi pada kesenian esot-esot. Adapun data yang digunakan adalah buku-buku dan data hasil penelitian terkait dengan kecimol, esot-esot dan simulakra, selain itu, data yang digunakan juga dari media online, yakni dari beberapa portal berita online.

Published
2020-01-15
How to Cite
Amalia, F. (2020, January 15). Modernisasi Esot-esot. An1mage Jurnal Studi Kultural, 5(1), 1-5. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsk/article/view/141