Kajian Semiotika Komunikasi Visual Iklan Djarum Fil... Gold 76 Versi “Jujur”

  • Alit Ayu Dewantari

Abstract

Persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain untuk merebut perhatian para target sasarannya dilakukan melalui berbagai upaya. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan informasi melalui media yang saat ini dikenal dengan istilah iklan. Beberapa iklan dibuat dengan konsep yang menyesuaikan situasi, kondisi, maupun isu-isu terhangat yang sedang terjadi. Hal inilah yang turut diusung oleh produk rokok Djarum Fil... Gold 76. 

 

Pesta Demokrasi pada 2014, turut dimanfaatkan pula oleh perusahaan rokok tersebut dengan menghadirkan satu iklan yang mengandung komunikasi kritis yang disajikan secara humoris.  Karya audio visual memiliki unsur tanda yang berbentuk bahasa verbal dan visual. Selain itu, teks dan penyajian visualnya juga mengandung ikon. Pendekatan semiotik dapat diterapkan untuk menggali makna dan membaca tanda dalam keseluruhan sajian karya audio visual. Teori Peirce diterapkan untuk melihat tanda iklan, teori Barthes untuk melihat kode-kode yang terdapat di dalam iklan, serta teori Saussure untuk melihat makna konotatif dan makna denotatif.

Published
2020-01-15
How to Cite
Dewantari, A. (2020, January 15). Kajian Semiotika Komunikasi Visual Iklan Djarum Fil. Gold 76 Versi “Jujur”. An1mage Jurnal Studi Kultural, 5(1), 19-27. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsk/article/view/144