Wisata Militer Taebaek dari Drama Descendants of the Sun Korea Selatan

  • Lidwina Hana

Abstract

Promosi pariwisata biasanya dilakukan dengan menonjolkan keindahan alam atau tradisi yang sifatnya turun-temurun dari lokasi yang dipasarkan. Namun berbeda dengan Korea Selatan, magnet wisata justru menarik wisatawan mancanegara lewat drama.

Salah satu drama terpopuler tahun 2016 adalah Descendants of the Sun. Drama ini menceritakan kisah percintaan antara tentara Korea Selatan Selatan Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) dan dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) yang sama-sama terlibat dalam tugas kemanusiaan dalam perang fiksi di Negara Uruk.

Penelitian ini melihat drama sebagai media penyebaran informasi yang tidak netral. Drama Descendants of the Sun sebagai bagian dari budaya pop dipandang sebagai agen konstruksi yang menyelipkan nilai-nilai dan pencitraan dalam kontennya yang memberikan dampak yang signifikan bagi Hallyu atau Korean Wave yang kemudian mendongkrak kunjungan turis ke Korea Selatan.

Published
2017-01-02
How to Cite
Hana, L. (2017, January 2). Wisata Militer Taebaek dari Drama Descendants of the Sun Korea Selatan. An1mage Jurnal Studi Kultural, 2(1), 19-22. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsk/article/view/73