Proyeksi Kritis: Kesetaraan Gender di Masa Depan

  • Michael Sega Gumelar

Abstract

Proyeksi Gender dan implikasi yang akan terjadi di masa depan. Pada dasarnya cita-cita kesetaraan gender menjadi acuan dewasa ini, namun transformasi dari pemikiran religius, serta kebudayaan suatu area ke pemikiran kesetaraan gender memberikan celah pemikiran yang berbeda tentang kesetaraan gender yang dimaksud, sehingga pengejaran kesetaraan gender malah dimanipulasi oleh golongan yang dianggap sebagai “korban’ dari ketidaksetaraan gender sebelumnya yaitu para wanita.

Para wanita ditengah transformasi pemikiran kesetaraan gender tersebut malah ada yang salah persepsi sehingga para wanita dengan ketidakmengertiannya tersebut malah secara sengaja atau tidak menjadi membalik dan memarginalkan pada beberapa pria yang mulai menerima “apa arti kesetaraan gender tersebut”, tetapi para pria malah terjebak dengan keadaan merugikan mereka yang tidak pernah dipikirkannya akan terjadi sebelumnya. Di sini dibahas proyeksi apa saja yang akan menjadi isu dan potensi konflik kemungkinan-kemungkinan dari implikasi kesetaraan gender ke depannya serta usulan solusinya yang memungkinkan.

 

 

Published
2017-07-03
How to Cite
Gumelar, M. (2017, July 3). Proyeksi Kritis: Kesetaraan Gender di Masa Depan. An1mage Jurnal Studi Kultural, 2(2), 82-86. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsk/article/view/83

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>