Perdagangan Emisi: Solusi Kapitalis atas Global Warming

  • Lidwina Hana

Abstract

Pemanasan global (Global Warming), perubahan iklim (Climate Change), dan pencemaran lingkungan yang diakibatkan gas rumah kaca (Green house Gases) mendorong terbentuknya perdagangan emisi yang konon bertujuan memperlambat laju pemanasan Bumi.

Perdagangan emisi memungkinkan negara industri membeli Certified Emission Reduction (CER) dari negara berkembang. Sementara negara berkembang diharapkan menjaga hutannya dari uang yang dihasilkan melalui CER.

Meskipun seolah terjadi kerja sama antara negara industri dengan negara berkembang, namun kesepakatan ini belum menunjukkan hasil signifikan atas pemanasan global. Oleh karenanya penelitian ini menguji sistem pasar berdasarkan ideologi kapitalis dari perdagangan emisi yang digunakan untuk permasalahan yang berhubungan dengan alam dan memberi solusi atas permasalahan yang ditemukan.

Published
2017-07-03
How to Cite
Hana, L. (2017, July 3). Perdagangan Emisi: Solusi Kapitalis atas Global Warming. An1mage Jurnal Studi Kultural, 2(2), 128-130. Retrieved from https://journals.an1mage.net/index.php/ajsk/article/view/95